Rabu, 31 Maret 2010

Sekolah Khusus Bina Anak Bangsa Pontianak

Sekolah Umum Inklusif dan Autis Bina Anak Bangsa
Jalan Pak Benceng No. 12.B Kota Baru
Telp. (0561) 6587209

Selasa, 30 Maret 2010

Tip Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak & Autis

Anak merupakan buah hati yang dititipkan Maha Pencipta kepada kita. Apa yang harus kita perbuat seandainya buah hati tersebut kelihatanya tidak sesuai perkembangan yang sewajarnya.

Pada dasarnya setiap anak akan melewati proses tumbuh kembang sesuai dengan tahapan usianya. Untuk memantau tumbuh kembang anak dengan baik maka para orang tua, tenaga kesehatan, pendidik, kader dan tenaga ahli lainnya sangatlah berperan penting.

Perkembangan anak sesuai dengan ciri perkembangan pada usia tertentu berarti anak berhasil menyesuaikan diri secara normal. Upaya pembinaan tumbuh kembang anak diarahkan untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan psikososial anak.

Definisi Pertumbuhan & Perkembangan ;

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interselular, berarti bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan, sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat.

Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian.

Perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan saraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya, misalnya perkembangan sistem neuromuskuler, kemampuan bicara, emosi dan sosialisasi. Kesemua fungsi tersebut berperan penting dalam kehidupan manusia yang utuh.

Stimulasi Tumbuh Kembang Balita dan Anak Prasekolah

Stimulasi adalah kegiatan merangsang kemampuan dasar anak umur 0-6 tahun agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Setiap anak perlu mendapat stimulasi rutin sedini mungkin dan terus menerus pada setiap kesempatan. Stimulasi tumbuh kembang anak dilakukan oleh ibu dan ayah yang merupakan orang terdekat dengan anak, pengganti ibu/ pengasuh anak, anggota keluarga lain dalam kelompok masyarakat di lingkungan rumah tangga masing-masing dan dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya stimulasi dapat menyebabkan penyimpangan tumbuh kembang anak bahkan gangguan yang menetap.

Dalam melakukan stimulasi tumbuh kembang anak, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan ;

1. Lakukan dengan dilandasi rasa cinta dan kasih sayang

2. Selalu tunjukan sikap dan perilaku yang baik karena anak akan meniru tingkah laku orang-orang yang terdekat dengannya.

3. Berikan stimulasi sesuai dengan kelompok umur anak.

4. Lakukan stimulasi dengan cara mengajak anak bermain, bernyanyi bervariasi, menyenangkan, tanpa paksaan dan tidak ada hukuman.

5. Lakukan stimulasi secara bertahap dan berkelanjutan sesuai umur anak, terhadap ke 4 aspek kemampuan dasar anak.

6. Gunakan alat bantu / permainan yang sederhana, aman dan ada disekitar anak

7. Berikan kesempatan yang sama pada anak laki-laki dan perempuan.

8. anak selalu diberi pujian, bila perlu diberi hadiah atas keberasilannya.

Deteksi Dini Penyimpangan Mental Emosional :

Deteksi dini masalah mental emosional anak prasekolah;

  1. Apakah anak anda seringkali terlihat marah tanpa sebab yang jelas .
  2. Apakah anak anda tampak menghindar dari teman-teman atau anggota keluarga (menyendiri)
  3. Apakah anak anda terlihat perilaku merusak dan menentang terhadap lingkungan di sekitarnya.
  4. Apakah anak anda memperlihatkan adanya perasaan ketakutan atau kecemasan berlebihan yang tidak dapat dijelaskan asalnya dan tidak sebanding dengan anak lain seusianya.
  5. Apakah anak anda suka terganggu kosentrasinya dan mudah teralih perhatiannya, sehingga menurun aktivitasnya/ prestasi belajar .
  6. Apakah anak anda menunjukan perilaku kebingungan sehingga mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan membuat keputusan.
  7. Apakah anak anda menunjukan perobahan pola tidur. (susah tidur/ sering terbangun malam/ tidur tidak teratur)
  8. Apakah anak anda mengalami perubahan pola makan. (susah makan/ makan berlebihan/ suka makanan tertentu saja)
  9. Apakah anak anda sering kali mengeluh sakit kepala, sakit perut atau keluhan fisik lainnya?
  10. Apakah anak anda seringkali mengeluh putus asa ?
  11. Apakah anak anda menunjukan kemunduruan perilaku.
  12. Apakah anak anda melakukan perubahan yang berulang-ulang tanpa alasan yang jelas

Deteksi Dini Autis;

A. Melalui Orang Tua

1. Apakan anak senang diayun-ayun

2. Apakah anak tertarik dengan anak lain

3. apakah anak suka memanjat-manjat

4. apakah anak suka bermain ”Ciluk Ba” atau yg lain.

5. Apakah anak pernah bermain seolah-olah membuat secangkir kopi/ lainnya.

6. Apakah anak pernah menunjuk/ meminta sesuatu

7. Apakah anak pernah menggunakan jari untuk menunjuk sesuatu agar anda melihat kesana.

8. Apakah anak dapat bermaian dengan mainan yg kecil (mobil atau kubus).

9. Apakah anak pernah memberikan suatu benda untuk menunjukan sesuatu.

B. Melalui Pengamatan pada Anak

1. Selama pemeriksaan apakah anak menatap (kontak mata) pada pemeriksa

2. Ketika pemeriksa menunjuk sesuatu apakah ia menunjuk ke benda yg ditunjuk

3. Apakah anak mau melakukan apa yang diperintah oleh pemeriksa

4. Ketika pemeriksa menunjuk sesuatu benda apakah ia menunjuk dengan jarinya.

5. Apakah anak dapat menumpuk beberapa kubus / balok menjadi suatu menara

Ket. apabila jawaban ”Tidak” terdapat pada A dan B lebih dari 2 segeralah berkonsultasi kepada ahlinya (Dokter/ Psikiatri/ Psikolog / tenaga medislainnya)

Deteksi Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (GPPH)

1. Tidak kenal lelah/ aktivita berlebihan

2. Mudah menjadi gembira/ impulsive

3. Mengganggu anak lain

4. Gagal menyelesaikan kegiatan yang telah dimulai, rentang perhatian

5. pendek.

6. Menggerak-gerakan anggota badan / kepala secara terus menerus.

7. Kurang perhatian, mudah teralihkan.

8. Permintaannya harus segera dipenuhi , mudah menjadi frustrasi

9. Sering dan mudah menangis.

10. Suasana hatinya mudah berubah dengan cepat dan drastis.

11. Ledakan kekesalan, tingkah laku eksplosif dan tak terduga.

Pengamatan ini dilakukan ± 1 bulan agar lebih sempurna / pasti.

Penyimpangan/ masalah perkembangan yang terjadi pada anak dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya tingkat kesehatan dan status gizi anak disamping pengaruh lingkungan hidup tumbuh kembang anak.

LP2BAB

Lembaga Pendidikan & Pelatihan Bina Anak Bangsa berkiprah sejak tahun 2004, dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan layanan :

* Konsultasi Tumbuh Kembang Anak

* Penanganan dini anak autis, hiperaktif, implusif, kesulitan belajar, kelainan perilaku, kesulitan bicara dan Fisioterapi.

* SD & SMP Khusus

* SD Umum & Inklusi

Lokasi :

Jl. Pak Benceng No. 12 B. Kota Baru Pontianak ,

Telp. (0561) 6587209

Minggu, 28 Maret 2010